-->

Apa perbedaan GUI dan CLI


Gambar diatas adalah contoh dari perbedaan dari CLI dan GUI

Kali ini saya akan membagikan Tutorial apa itu pengertian dari GUI dan CLI danlangsunga ane jabarkan perbedaan dari GUI dan CLI tersebut.

Interface berfungsi sebagai perantara antara user dengan sistem operasi supaya dapat berinteraksi. secara umum Interface pada sistem operasi terbagi jadi dua yaitu sistem operasi berbasis  GUI (Graphical User Interface)  dan sistem operasi berbasis CLI (Command Line Interface). Apa pengertian dan perbedaan dari GUI dan CLI? Simak penjelasan di bawah ini.



A. Pengertian dari GUI (Graphical User Interface)


Contoh sistem operasi berbasis GUI Trojandroid Cyber System

Gui adalah Interface atau antarmuka pada sistem operasi yang menggunakan tampilan grafis, dapat dikendalikan dengan menggunakan beberapa alat input seperti mouse, keyboard, touchscreen, dll.

Dalam penerapannya GUI lebih banyak dipakai untuk kebutuhan pengguna umum atau dekstop/client karena tujuannya yaitu user friendly atau gampang digunakan.

Contoh-contoh dari sistem operasi berbasis GUI: Windows, Macintosh, Ubuntu dekstop, Android, Dll.
  • Kelebihan GUI
1. Tampilan yang menarik
Dengan adanya mode grafis pada interface GUI ini, bisa membuat user/pengguna menjadi nyaman dan cenderung bisa mengubah perasaan pengguna ketika menggunakan sistem operasi yang berbasis GUI. Jadi, GUI ini tampilannya memang keren, bagus dan tidak terkesan monoton.

2. Interaksi antara user/pengguna lebih baik
Interaksi antara pengguna dengan device menjadi jauh lebih mudah dan lebih baik karena dengan mode grafis tidak membuat pengguna kebingungan dengan menggunakan sistem operasi tersebut. ini membuat komunikasi antara user dan device berkomunikasi satu sama lain dengan baik.

3. Mudah digunakan
Kemudahan yang ditonjolkan oleh sistem operasi berbasis GUI memang begitu banyak, sehingga dalam penggunaanya GUI memiliki kelebihan dalam kemudahan penggunaanya. dalam penggunaanya hanya sedikit pengguna yang menemui kesulitan, bahkan bisa dibilang tidak ada sama sekali yang menemui kesulitan dalam menggunakan sistem operasi berbasis GUI.

Kemudahan digunakan disini banyak sekali jika diberikan dalam segi contoh, seperti untuk membuka aplikasi tidak memerlukan baris perintah hanya dengan klik dan klik saja aplikasi itu sudah bisa di buka.

4. Mudah dipelajari
Pengguna yang baru kenal dengan komputer kadang belum paham cara menggunakan komputer dengan baik. akan tetapi, dengan adanya mode GUI ini bisa mempermudah pengguna untuk belajar komputer dengan singkat.
  • Kekurangan GUI
1. Membutuhkan memori yang besar
Adanya mode GUI ini mengakibatkan pada komputer terutama pada segi memori jika pada GUI ini memakan begitu banyak memori dibandingkan dengan mode CLI.

2. Bergantung pada Hardware
Dalam penggunaan Interface GUI, Hardware memang sangat penting penggunaannya. Karena jika Hardware tidak bisa memenuhi untuk kebutuhan GUI ini Contohnya Ram kecil dan VGA tidak memenuhi kapasitas GUI tersebut maka Interface GUI pada komputer tidak akan berjalan dengan baik.

3. Performa berat
Dengan memiliki interface GUI performa memang sedikit lebih berat ketimbang dengan Interface CLI. Akan tetapi, jika kebutuhan Hardware mencukupi tidak akan terasa berat.

B. Pengertian CLI (Command line Interface)

Contoh Sistem operasi berbasis CLI Trojandroid Cyber System

CLI adalah Interface pada sistem operasi yang menggunakan baris perintah atau text. Dalam interaksi dengan sistem operasi yang menggunakan CLI pengguna hanya dapat menggunakan keyboard dengan cara mengetikkan baris perintah atau Command Line tertentu.

Dalam penerapannya atau penggunaanya CLI lebih ditunjukkan kepada sistem operasi yang digunakan sebagai komputer server oleh IT Administrator. Karena CLI dirasa lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan sistem operasi yang menggunakan Interface GUI.

Contoh-contoh sistem operasi yang menggunakan Interface CLI: DOS, Ubuntu server/cloud, Debian, Mikrotik, DLL.
  • Kelebihan CLI
1. Tidak membutuhkan spesifikasi hardware yyang tinggi
Dalam mode CLI ini tidak begitu terlalu banyak membutuhkan memori maupun hardware yang mumpuni. memang hardware yang mumpuni itu justru lebih bagus jauh lebih bagus, akan tetapi jika dalam CLI menggunakan Hardware dengan spesifikasi yang rendah  bisa tetap berjalan dengan baik.

2. Membuat Anda menjadi ahli keyboard
Sadar ataupun tidak  ketika Anda sering menggunakan Keyboard daripada menggunakan mouse atau Touchpad dalam melakukan aktifitas di sistem operasi tersebut.

3. Jarang diserang virus 
Sistem operasi berbasis CLI juga jarang diserang oleh virus, Terutama distro Linux yang dikenal susah untuk diserang oleh virus.
  • Kekurangan CLI
1. Resiko kehilangan file lebih besar
Contohnya jika kita ingin menghapus file dengan perintah rm dengan ditambahkan lokasi file atau target, apabila salah ketik file akan terhapus secara otomatis.

2. Tampilan yang tidak menarik
Coba lihat pada gambar diatas itu adalah contoh interface CLI tampilannya tidak menarik bukan? Tentu saja, bagaimana tidak dengan background bewarna hitam, tulisan bewarna putih, apalagi fontnya tidak bisa berubah hanya itu-itu saja monoton.

3. Masih menggunakan baris perintah
CLI memang identik dengan bariss perintah atau command line yang harus di hapal sangat banyak. jadi jangan heran jika di dalamnya hanya berisikan perintah-perintah dari atas layar hingga selesai dan tidak ada icon apapun.

Itulah penjelasan singkat dari saya semoga bisa menambah pengetahuan Anda.

0 Response to "Apa perbedaan GUI dan CLI"