-->

Macam-macam coin cryptocurrency selain Bitcoin


Dalam artikel kali ini Saya akan menjelaskan Macam-macam coin Cryptocurrency selain Bitcoin. Sebelum Saya menjelaskan Macam-macam coin Cryptocurrency ini, Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu Apa itu Cryptocurrency?  Secara harfiah, cryptocurrency mungkin bisa diurai dari kata cryptography (kriptografi/kode rahasia) dan currency (mata uang), jadi bisa disimpulkan Cryptocurrency adalah sebuah teknologi untuk membuat mata uang digital yang menggunakan teknik kriptografi untuk keamanan yang membuatnya tidak dapat dipalsukan.

Baca disini: sejarah awal terbentuknya Cryptocurrency atau mata uang digital.

Nilai harga dari cryptocurrency sebagian besar ditentukan oleh kekuatan buy and sell dari para pengguna teknologi ini. Cryptocurrency atau teknologi mata uang digital saat ini sangat marak dikembangkan oleh berbagai perusahaan dan team engineer di berbagai belahan dunia. Bahkan Google Ventures juga berinvestasi di salah satu teknologi Cryptocurrency. Terdata sudah lebih dari 500 cryptocurrency diciptakan berdasarkan coinmarketcap.com. Beberapa cryptocurrency memiliki berbagai konsep yang berbeda dan beberapa memiliki konsep yang meniru coin lainnya. Coin Cryptocurrency yang terkenal adalah Bitcoin Karena Cryptocurrency yang satu inilah yang membawa kepopuleran mata uang digital atau Cryptocurrency sejak 2010 dan seiring waktu harganya terus melonjak naik, akibat dari Bitcoin inilah banyak Coin cryptocurrency lain bermunculan.  coin cryptocurrency apa saja yang muncul setelah kepopuleran Bitcoin? simak dibawah ini.

Ethereum

Ethereum adalah mata uang digital untuk Ethereum, platform desentralisasi yang dapat mengeksekusi peer-to-peer. Hingga September 2016 Ethereum dipecah menjadi 2 yaitu Ethereum (ETH) dan Ethereum Klasik (ETC).

Ethereum dibuat oleh Vitalik Buterin dan diluncurkan pada pertengahan 201, platform ini dipasarkan sebagai "cryptocurrency generasi berikutnya dan desentralisasi platform aplikasi" dan memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 1,1 miliar.

Ethereum di kenal karena kemampuannya untuk melakukan pembayaran dengan cara Peer-to-peer tanpa menggunakan pihak ketiga.

Litecoin

Litecoin atau LTC dirilis pada Oktober 2011 oleh mantan karyawan Google bernama Charles Lee sebagai alternatif untuk Bitcoin. Seperti bitcoin, litecoin juga dapat ditambang ( mining ), digunakan sebagai mata uang dan ditransaksikan untuk barang dan jasa. Saat ini ia memiliki kapitalisasi pasar sekitar $ 180.000.000, jauh dari puncak tertinggi $ 1,2 miliar pada 2013.

Ripple

Ripple atau XRP merupakan mata uang virtual yang sering digunakan dalam pertukaran mata uang dan jaringan pengiriman uang. Dirilis pada tahun 2012 dan dengan kapitalisasi pasar saat ini $ 243.000.000, sistem Ripple telah diintegrasikan ke beberapa bank dan jaringan pembayaran untuk mengurangi biaya.

Dogecoin

Dogecoin awalnya dibuat sebagai 'mata uang lelucon' tapi namun menjadi terkenal. Mata uang yang menggunakan logo meme anjing bernama ‘Doge’ ini dirilis pada Desember 2013 oleh pembuatnya Billy Markus dimana mata uang ini kini sering digunakan untuk tip pengguna di forum.

Mata uang ini juga sering dikirim sebagai sumbangan dalam upaya penggalangan dana ( misalnya, kampanye penggalangan dana Doge4Water). Dogecoin kini bernilai sekitar $ 25 juta dolar.

Dash
Dash adalah cryptocurrency dengan fokus yang kuat pada privasi ( menggunakan teknologi penganoniman ) dan kecepatan ( transaksi )..

coin ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 77 juta saat menggelar Dash Evolution, upaya untuk membuat cryptocurrency lebih user-friendly. Anda dapat menghabiskan Dash di merchant yang menerimanya.

Nem

XEM adalah mata uang digital yang dikeluarkan dari platform peer-to-peer bernama NEM. NEM, adalah singkatan dari New Economy Movement, sebuah gerakan yang bertujuan untuk menciptakan sebuah perekonomian baru yang berjalan berdasarkan prinsip keadilan, desentralisasi dan kebebasan dalam dunia finansial. Selain memiliki fitur-fitur utama yang dimiliki Bitcoin, NEM juga menawarkan fitur peer-to-peer messaging dan proses mining yang memakan sumber daya jauh lebih rendah daripada Bitcoin.

Seiring waktu memang banyak bermunculan Cryptocurrency baru dan situs scam juga banyak bertebaran maka dari itu jika kita ingin berbisnis Cryptocurrency harus berhati-hati dan bijaksana dalam memilih situs yang tidak scam.

0 Response to "Macam-macam coin cryptocurrency selain Bitcoin"