-->

Pengertian dan Contoh sederhana Program pascal


Apa itu Bahasa Pemograman Pascal?

Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur , artinya bahasa pemrogramnnya dapat dipecah menjadi fungsi - fungsi kecil yang dapat digunakan berulang - ulang kali. Pascal pertama kali diperkenalkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1971 .



Sejarah Pemrograman Pascal

    Nama Pascal dipilih untuk menghormati Blaise Pascal, seorang ilmuwan matematis Prancis yang pada tahun 1642 membuat kalkulator mekanis pertama di dunia. Kalkulator ini menjadi cikal bakal komputer modern.

     Niklaus Wirth pada awalnya merancang bahasa Pascal untuk mengajarkan pemrograman kepada mahasiswa di Universitas ETH Zürich di Swiss. Pascal di desain menggunakan structured programming yang kemudian menjadi populer dan banyak digunakan oleh bahasa pemrograman setelahnya. Seiiring perkembangan komputer, bahasa pascal juga digunakan untuk aplikasi komersil.

Struktur Dasar Kode Program Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman deklaratif dan terstruktur, yang artinya seluruh variabel, konstanta, fungsi, dan beberapa struktur pemrograman lain harus ‘diperkenalkan’ diawal kode program dan dalam urutan yang sudah ditentukan. Didalam pemrograman, ‘perkenalan’ ini dikenal dengan istilah ‘deklarasi’ (declarations).

Struktur kode program pascal bisa dipecah menjadi 2 bagian: bagian Deklarasidan bagian Main Program, seperti berikut ini:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
program nama_program;
   { bagian deklarasi }
begin
   { badan program }

 end.


Contoh Sederhana Perkalian:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
Program hitung_Kali;
uses wincrt;

var

x, y, hasil : integer;

begin

x:=10;
y:=2;
hasil:=x*y;
writeln('10 X 2 = ',hasil);

readln;

end.

Dari Kode Di atas, saat dijalankan/ diRUN program akan menampilkan :

"10 X 2 = 20"


Sekian dari Saya Terimakasih

Copyright:

Foto Chaeryan Prasadya.Nama : Chaeryan Prasadya W


Kelas : X TKJ 1


Sekolah : SMKN 2 Pangkalpinang




0 Response to "Pengertian dan Contoh sederhana Program pascal"