-->

Sejarah awal terbentuknya Cryptocurrency


Dalam minggu-minggu ini Admin banyak membuat artikel tentang Cryptocurrency karena dalam beberapa tahun terakhir nilai mata uang digital atau Cryptocurrency bila ditukar menjadi uang fisik harganya sangat tinggi. Yang jadi pembahasan Admin kali ini adalah Sejarah awal terbentuknya Cryptocurrency. Sebenarnya apasih Cryptcurrency itu? Cryptocurrecy terbentuk dari kata Crypto yang artinya kriptografi atau kode rahasia dan Currency yang artinya mata uang, jadi Cryptcurrency adalah sebuah teknologi untuk membuat mata uang digital yang menggunakan teknik kriptografi untuk keamanan yang membuatnya tidak dapat dipalsukan.


Pada 1982, seorang cryptographer asal Amerika Serikat, David Chaum, menggagas sebuah ide yang dinamakannya sebagai blind signatures. Di dalam makalahnya yang berjudul “Blind Signature For Untraceable Payments“, Ia menjelaskan bahwa blind signature merupakan suatu bentuk tanda tangan dijital dimana isi pesan yang tercantum akan disamarkan terlebih dahulu sebelum ditanda tangani. Dalam makalah tersebut juga Ia menyampaikan pandangannya terhadap hubungan antara uang dan privasi. Chaum percaya bahwa untuk menjalani perdagangan yang aman, masyarakat membutuhkan uang berbasis token yang dapat menyamai sifat dari uang logam dan kertas.

8 tahun setelah makalah tersebut dipublikasikan, tepatnya pada 1990, Chaum mendirikan DigiCash di Amsterdam. Gagasan mata uang dijital yang dibawa ke dalam DigiCash menarik banyak perhatian pers. Pada saat itu, ide DigiCash sangatlah luar biasa. DigiCash dinilai mampu menjadi solusi untuk pengamanan transaksi keuangan dari satu tangan ke tangan lainnya. Namun, Chaum dan kawan-kawan sesama pendiri DigiCash berprinsip bahwa produk ini hanya akan dijual ke sektor bank. Prinsip ini pula yang kemudian membuat DigiCash runtuh karena tidak dapat menemukan bank yang ingin menggunakan produknya.

Tepat pada saat DigiCash bangkrut, Microsoft muncul dengan tawaran kerjasama sejumlah US$ 180 juta. Microsoft meminta Chaum untuk mengimplementasi DigiCash di semua Windows PC. Sayangnya tawaran tersebut dinilai Chaum tidak cukup untuk melanjutkan DigiCash dan akhirnya DigiCash bangkrut karena kehabisan uang di tahun 1998.


Selanjutnya adalah Cryptocurrency yang bernama E-Gold didirikan pada 1996 oleh Dr. Douglas Jackson dan Barry K. Downey. Pada saat itu, E-Gold muncul dengan ide segar tentang transaksi dijital berbasis emas dan perak. Metode yang ditawarkannya adalah pengguna membuat akun E-Gold, lalu mengirimkan emas atau peraknya ke E-Gold, dan kemudian E-Gold akan melakukan kredit di akun pengguna. Kredit tersebutlah yang kemudian dapat dikirim ke merchant ataupun pengguna E-Gold lainnya.

InternetCash merupakan salah satu perusahaan pelopor ide kartu prepaid elektronik di seluruh dunia. InternetCash didirikan pada April 1999 oleh Charles Doherty, Yiannis Tsiounis, Jason Richelson dan Ben Reddy. Mr. Doherty. Keempat orang inilah yang kemudian melahirkan sebuah jaringan pembayaran baru di Internet.

Pada awal berdirinya, InternetCash dihadapkan pada dua pilihan yaitu mengikuti metode pembayaran pada jaringan perbankan seperti Visa dan Mastercard, atau membuat jaringannya sendiri. Satu hal yang sangat ingin direalisasikan oleh para pendiri InternetCash adalah jaringan pembayaran tersebut harus lebih aman dari Visa dan Mastercard. Akhirnya, diputuskanlah bahwa InternetCash akan membuat metode pembayaran internet dengan jaringannya sendiri.

Pemasaran InternetCash dilakukan dengan cara bekerja sama dengan online merchant. Pengisian saldo di kartu prepaid pengguna dilakukan dengan cara men-topup sejumlah uang kepada InternetCash. Sama halnya dengan Visa dan Mastercard, setiap pemilik kartu InternetCash juga memiliki nomer kartu dan PIN (Personal Identification Number). Pada saat pengguna akan membayar belanjaan mereka, online merchant akan melempar para pengguna ke satu halaman web yang dioperasikan secara khusus oleh InternetCash. Mereka menyebut halaman tersebut dengan “InternetCash Payment Window“. Di sana, pengguna akan diminta memasukkan nomer kartu serta PIN-nya. Setelah nomer kartu, PIN, dan jumlah saldo dinyatakan valid, identitas kartu dan detil transaksinya akan ditandai dan dienkripsi secara dijital oleh sistem. Jika semua data dinyatakan valid, informasi transaksi tersebut kemudian dikirim kembali ke merchant untuk disimpan sebagai referensi, sedangkan hasil dari olahan data yang telah dienkripsi akan dikirim ke server pembayaran InternetCash.

Pada saat itu, metode pembayaran yang diusung oleh InternetCash dalam suatu jaringan tersendiri dinyatakan sebagai metode yang melebihi standar aman transaksi online. Visa dan Mastercard pada saat itu hanya menangani pembayaran melalui jaringan perbankan sehingga kurang transparan. InternetCash muncul dengan solusi baru dimana pembayaran yang dilakukan dalam jaringan InternetCash tidak hanya aman namun mampu menjaga keaslian dari transaksi yang dilakukan, baik dari sisi jumlah uang yang dipertukarkan sampai dengan bagaimana transaksi bisa terjadi.

Setelah itu Cryptocurrency yang lahir adalah bitcoin, diciptakan pada tahun 2009 oleh pengembang Satoshi Nakamoto yang pseudmi. Ini menggunakan SHA-256, fungsi hash kriptografi, sebagai skema proof-of-work. Pada bulan April 2011, Namecoin diciptakan sebagai upaya pembentukan DNS terdesentralisasi, yang akan membuat sensor internet sangat sulit. Segera setelah itu, pada bulan Oktober 2011, Litecoin dilepaskan. Ini adalah kripto yang paling sukses pertama yang menggunakan scrypt sebagai fungsi hash daripada SHA-256.

Cryptocurrency penting lainnya, Peercoin adalah orang pertama yang menggunakan bukti-kerja-bukti-saham hibrida.IOTA adalah kriptocurrency pertama yang tidak didasarkan pada rantai blok, dan sebaliknya menggunakan Tangle.Banyak kripto yang lain telah diciptakan meskipun hanya sedikit yang berhasil, karena mereka sedikit banyak menghasilkan inovasi teknis. Pada tanggal 6 Agustus 2014, Inggris mengumumkan bahwa Departemen Keuangannya telah ditugaskan untuk melakukan studi tentang kripto darurat, dan peran apa, jika ada, dapat dimainkan di ekonomi Inggris. Studi ini juga melaporkan apakah regulasi harus dipertimbangkan.

0 Response to "Sejarah awal terbentuknya Cryptocurrency"