-->

Apa itu pengertian HTML



Hasil gambar untuk html 

Hypertext Markup Language merupakan salah satu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan juga aplikasi yang berjalan dihalaman web.

HTML ini asal mula adalah dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak dipakai oleh dunia penerbitan dan juga dunia cetak yang seering disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML merupakan sebuah standar yang dipakai secara luas untuk bisa menampilkan sebuah halaman web. HTML sekarang ini juga adalah sebuah standar Internet yang didefinisikan dan juga dikendalikan oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Namun pada dasarnya, dokumen HTML ini hanyalah sebuah dokumen teks yang biasa disebut dengan Markup Language yakni suatu bahasa yang mengandung tanda tertentu dan juga dipakai sebagai pengatur sebuah format tampilan suatu dokumen web HTML.

Namun secara garis besar, ada 4 jenis elemen dari HTML: dan juga memiliki tanda yang menentukan level atau tingkat dari suatu teks (contoh, <h1>Golf</h1> untuk memerintahkan browser agar menampilkan “Golf” sebagai teks tebal besar kemudian akan menunjukkan sebagai tag Heading 1

Presentational adalah tanda yang berfungsi untuk menentukan tampilan dari suatu teks dan tidak peduli dengan level dari teks itu ( sebagai contohnya, <b>boldface</b> kode ini akan menampilkan bold. Tanda presentational untuk sekarang ini sudah mulai tergantikan oleh CSS dan sudah tidak direkomendasikan lagi untuk mengatur tampilan teks.

hyperlink adalah sebuah tanda yang berfungsi untuk menunjukkan pranala ke bagian dokumen itu atau pranala ke dokumen lain (sebagai contohnya, <a href="http://www.contoh.com/">Desain</a> kode ini akan menampilkan Desain untuk sebuah hyperlink ke URL www.contoh.com.

Elemen widget berfungsi untuk membuat sebuah objek lain seperti tombol dengan kode (<button>), list (<li>), dan garis horizontal (<hr>). Untuk bisa membuat dokumen HTML hanya membutuhkan sebuah aplikasi atau software teks editor biasa. Namun sekarang ini di pasaran sudah banyak sekali terdapat software HTML authoring (software yang fungsinya untuk membuat dan mendesain sebuah halaman web). Sebagai contohnya adalah  Dreamweaver, Adobe GoLive, MS FrontPage, dan masih banyak lagi. untuk anda yang memiliki ilmu lebih tentang HTML anda juga dapat menggunakan NOTEPED++ untuk mengeditnya serta membuat kode HTML.

0 Response to "Apa itu pengertian HTML "